Jumat, 08 Oktober 2010

"Lesson Study"

Sejarah singkat tentang lesson study pertama kali dikembangkan oleh para guru pendidikan dasar di Jepang, yang dalam bahasa Jepangnya disebut dengan istilah jugyokenkyu. Asal kata jugyo yang berarti lesson atau pembelajaran, kenkyu berarti study atau reseech berarti peneelitian sehingga lesson  study dapat diartikan kajian terhadap pembelajaran. Makoto Yoshida adalah seorang yang dianggap berjasa besar dalam mengembangkan ajugyokenkyu di Jepang.
Konsep lesson study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi sebagai model atau strategi pembinaan untuk meningkatkan profesionalisasi guru sekaligus proses hasil pembelajaran yang dilakukan oleh kelompok guru secara kolaboratif dan berkrsinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi, dan melaporkan haasail pembelajaran. Lesson Study merupakan kegiatan yang mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning community) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri baik dalam tataran individual maupun manajerial.
Lesson Study sebagai salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan pada prinsip-prinsip dan kolegaliatas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar